Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Rabu, 12 April 2017

Wij Strijden Met De Teekenstift - Paschen, Feest Der Opstanding

76 tahun yang lalu "Kick" Hofer merayakan hari raya Paskah dengan salah satu karyanya di Wij Strijden Met de Teekenstift. Halo dan kembali lagi, mari kita cek karya paskah dia disini. ;)
Paskah yang dirayakan pada masa itu memang sukar untuk dirayakan oleh pihak sekutu. Salah satu negara yang baru saja mendukung sekutu (yang juga terakhir kali kita singgung disini) mengalami kemunduran saat diserbu Jerman. Yugoslavia mengalami pukulan telak saat Ibukotanya yaitu Belgrade dibom habis - habisan oleh Jerman dalam Unternehmen Strafgericht. Pemboman hebat tersebut mengakibatkan lumpuhnya jalur komando militer Yugoslavia yang berujung oleh menyerahnya Yugoslavia secara keseluruhan. Disaat yang sama, Inggris sendiri bersama persemakmurannya dan Yunani mengalami pukulan kekalahan saat pertempuran Vevi di Yunani.
Dalam karyanya, Hofer sendiri menggambar sebuah plakat yang mempunyai arti "Disini beristirahat kebebasan". Maksudnya sudah pasti, kebebasan rakyat Yugoslavia akan mengikuti nasib dari rakyat negara yang diduduki oleh Jerman.
Hofer disini menyindir makna paskah yaitu kebebasan dengan lintang pukang-nya tentara Jerman yang baru muncul dari dalam gua. Tentara Jerman disini tidak lain seperti manusia gua yang tidak mengerti akan kebebasan. Dia juga dengan sinis menggambarkan bahwa kebebasan pada tahun 1941 adalah masa keemasan kebebasan ...

Pasti anda sendiri penasaran, apakah tentara Jerman merayakan paskah? Jawabannya, ya, seperti yang terbukti pada foto dibawah ini. Salah satu foto kehidupan barak pasukan Wehrmacht yang pernah saya singgung disini, dikenal sangat santai atau bisa dibilang sangat konyol. Memperlihatkan seorang tentara yang menungging dan berpura - pura menjadi ayam. Sedangkan 2 tentara lainnya bersiap menerima telurnya.
Sumber
Paskah juga dirayakan oleh pasukan SS yang terlihat membawa telur untuk dihias menjadi telur paskah.
Sumber


Usia: 1941

Tidak ada komentar:

Posting Komentar