Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Selasa, 18 April 2017

Museum Goes To Campus Month - Dodge M37 & Willys MB Jeep

Saatnya jeda dari koleksi Museum Dirgantara Mandala dan berpaling ke koleksi Solo American Jeep.
Koleksi pertama adalah truk Dodge M37.

Jika anda melihat dari angka model, pasti anda mengira jika truk ini adalah truk sebelum Perang Dunia II bukan? Sayangnya bukan. Truk ini mulai diproduksi pada masa Perang Korea alias mulai tahun 1951. Saat perang tersebut, truk pelanjut seri WC itu dipakai secara luas oleh militer Amerika Serikat. Diproduksi total sebanyak 115.000 buah, M37 pensiun dari dinas kemiliteran Amerika pada akhir dekade 1970an. Posisi mereka digantikan dengan truk M715 dan M880.
Setelah saya gali, belum ada informasi mengenai pemakaian truk ini dalam dinas TNI.
















Truk diakuisisi pada tahun 1952


Koleksi kedua adalah kendaraan militer yang paling dikenal di dunia, jip.

Jip atau di luar negeri disebut Jeep adalah kendaraan buatan Amerika. Kendaraan ini aslinya disebut oleh militer Amerika dengan sebutan "truck, 1/4 ton, 4 x 4". Jip pada festival adalah jip buatan Willys - Overland Motors. Bersama dengan American Bantam Car Company dan Ford Motor Company, ketiga pabrikan tersebut awalnya adalah kompetitor namun karena Perang Dunia II sudah keburu datang, militer Amerika memutuskan untuk menerima desain mereka bertiga untuk dikirim ke garis depan. Namun dengan berujung waktu, militer Amerika memilih desain Willys untuk dijadikan standar kendaraan ringan militer Amerika dan disebut dengan sebutan MA. Nantinya kode akan diganti dengan MB. Dengan diterima Willys, tidak berarti Ford keluar total dari produksi. Pada akhirnya Ford diperintahkan untuk membantu produksi MB dengan membuat lisensinya dan disebut dengan GPW.
Jip pertama kali masuk ke Indonesia saat menjelang Jepang datang. Alias saat KNIL mulai memperkuat diri. Uniknya, jip yang datang adalah GPW bukannya MB. Saat itu yang kebagian jatah GPW adalah pasukan kavaleri KNIL dan Koninklijke Zeemacht (Angkatan Laut). Nantinya jip - jip ini dipakai oleh pasukan Jepang.
Sumber

Sumber

Sumber

Saat era Perang Kemerdekaan, jip - jip tinggalan KNIL dipakai oleh kedua belah pihak. KNIL kemungkinan besar juga membawa MB saat itu. Pada akhirnya jip dipakai oleh TNI saat era kedaulatan tiba. Belum lagi ditambah dengan akuisisi terbaru TNI pada saat itu.


Jip Polisi Negara
Menurut Koos Allemany, lampu jip dibuat oleh Belanda.
Kemungkinan jip adalah tinggalan pasukan KNIL saat era Perang Kemerdekaan








Tangki air buatan Rusia



Usia: 1942 - 1952

Tidak ada komentar:

Posting Komentar