Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Minggu, 16 April 2017

Wij Strijden Met De Teekenstift - De Invasie

Ingin meramalkan nasib negara anda, datang saja ke "Kick" Hofer! hehehe
Kembali lagi ke Wij Strijden Met de Teekenstift dan seperti yang telah saya sampaikan, kali ini atau lebih tepatnya lagi - lagi kita akan melihat ramalan dari Hofer.
Karya Hofer yang bernama De Invasie ini menggambarkan rombongan (gerombolan ?) tikus yang menyerbu karung beras Yugoslavia. Seperti yang sudah saya singgung di 2 post sebelumnya, Yugoslavia pada saat dimuatnya karya Hofer ini sudah diambang kekalahan. Dan untuk "merayakan" kekalahan bekas sekutu Jerman tersebut, Hofer dengan sinis menggambar Jerman sebagai tikus lengkap dengan swastika. Kesinisan Hofer juga dapat dilihat dari komentar karya dia sendiri yang memperlihatkan bahwa angkatan perang Jerman lebih memilih untuk menyerbu negara lain daripada istirahat berlama - lama yang berakibat "kelaparan". Serbuan pada saat itu dilakukan Jerman selain kepada Yugoslavia juga kepada karung di belakang yaitu Yunani. Meskipun untuk negara ini, Jerman turun tangan karena membantu sekutu mereka yaitu Italia yang mengalami kemunduran saat menyerbu negara tersebut.
Sumber
Keunikan pada gambar ini yaitu ramalan seperti yang saya singgung di depan adalah adanya karung bertuliskan USSR Oekraine (USSR Ukraina). Seperti yang kita tahu, 2 bulan setelah gambar ini dimuat, tikus - tikus ini menyerbu masuk karung Soviet tersebut dalam Unternehmen Barbarossa.
Hanya saja untuk karung Turki di latar belakang tidak terbukti diserang. Karena saat itu Turki memang memasang posisi netral meskipun sudah ditekan oleh kedua belah pihak saat Perang Dunia II dimulai. Namun kenetralan tersebut tidak menghentikan Turki untuk mendapatkan pesawat tempur Jerman Focke-Wulf FW-190 pada tahun 1942. Selain itu pula, Turki juga sempat mengirim perwiranya yaitu Jenderal Cemil Cahit Toydemir ke markas Generalfeldmarschall Jerman Erich von Manstein. Kunjungan Toydemir tersebut untuk melihat latihan perang yang melibatkan tank Tiger di Belgorod pada tahun 1943.
Sumber

Sumber

Kenetralan Turki pada akhirnya tidak bertahan hingga akhir perang. Turki resmi ikut serta dalam pihak sekutu dengan pendeklarasian perang terhadap Jerman pada bulan Februari 1945. Karung Turki tetap bersih dan bebas tikus.hehehe


Usia: 1941

Tidak ada komentar:

Posting Komentar