Oude Indonesie

Oude Indonesie
Nederland oost-indiƫ hier komen we!

Zoeklicht

Zoeklicht
We zullen de kolonie te verdedigen!

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?
Which side are you? Voor het koninklijke or demi Republik?

Sabtu, 01 April 2017

Story Behind Letter - Agresi Belanda I


Sekarang tanggal 1 dan artinya kembali lagi ke Story Behind Letter! hehehe
Kali ini kita akan cek kartu pos dari daerah Brambanan dikirim ke Solo. Kartu pos yang ditulis oleh D. Dirdjoatmodjo kepada temannya yaitu Kien Soekijono. Keunikan dari kartu pos ini tidak lain adalah tanggal pengirimannya. Terdapat cap stempel pos tertanggal 11 dan 12 Agustus 1947 atau tidak lama setelah Agresi Militer (Aksi Polisionil) Belanda I usai. Kondisi di Solo belum bisa dikatakan pulih benar. Terlihat dari isi surat Dirdjoatmodjo, disini dia memberitahu kepada Kien bahwa rencana kembalinya dia ke Solo terutama untuk kembali lagi untuk bersekolah pada tanggal 20 Agustus batal karena orang tua Dirdjoatmodjo tidak memberi ijin. Keputusan tersebut juga tidak terlepas dari kondisi yang masih belum stabil saat itu. Karena baik Indonesia dan Belanda baru menyatakan gencatan senjata pada tanggal 17 Agustus 1947. Sebuah keputusan yang logis untuk tidak bepergian jauh dulu pada saat itu. Terutama keamanan yang masih belum stabil.
Selain itu pula keunikan juga terlihat pada adanya stempel "TELAH DITILIK". Ini menandakan bahwa sudah adanya usaha pengsensoran terhadap surat yang keluar masuk di dalam wilayah Indonesia. Mungkin ini untuk mengantisipasi adanya spionase yang terjadi.
Jadi dari semua ini, bisa diambil kesimpulan bahwa kondisi daerah sesaat setelah Agresi Militer Belanda I memanglah tidak aman saat itu ... 
"Kien, suratku yang pertama sudah sampai kan? Syukur kalau tidak kesasar. Sekarang menyusul lagi. Anu Kien, dulu aku pernah bilang kalau aku pulang tanggal 20 Agustus atau setelahnya. Tetapi karena kondisi yang masih seperti ini orang tuaku belum dapat menetapkan kapan aku pulang. Tolong aku diingatkan kalau ada pengumuman dari sekolah, aku sangat berharap kamu memberi kabar."


Usia: 12 Agustus 1947

Tidak ada komentar:

Posting Komentar